Rabu, 09 Maret 2011

Pelanggan PLN Dimanjakan

SUPERVISOR Pelayanan PLN Rayon Tenggarong Dani saat menunjukkan kotak meteran PLN Digital yang bisa menggunakan voucher pulsa isi ulang.

Tak Perlu Bayar Listrik ke Loket, Cukup Isi Ulang Saja

Tenggarong, Express: PT PLN kini memberi opsi membayar tagihannya dengan mudah. Pelanggan tidak perlu mengantre di loket pembayaran seperti sebelumnya, melainkan cukup membeli voucher isi ulang saja.
Sepervisor Pelayanan PLN Tenggarong, Dani mengatakan, dalam waktu dekat akan memperkenalkan sistem pembayaran itu kepada para pelanggan. Kendati sudah bisa melayani isi ulang, namun untuk tahap pertama diprioritaskan bagi pelanggan baru.
“Kami banyak menerima permintaan pembayaran listrik via voucher. Namun saat ini kami masih memprioritaskan kepada pelanggan baru. Sedangkan pelanggan lama, yang ingin bermigrasi atau pindah dari meteren listrik sistem digital belum dapat segera dilayani,” katanya.
Paling tidak kata Dani, membutuhkan waktu sepekan untuk memenuhi permintaan migrasi. Proses pergantiannya pun mudah dan tidak dipungut biaya sama sekali.
“Syarat dan ketentuan proses migrasi sangat mudah dan tidak dipungut bayaran. Yaitu menyampaikan sket atau peta/denah letak rumah pelanggan. Kemudian melampirkan foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan melampirkan pula nota pembayaran lunas listrik PLN bulan terkakhir,” jelasnya. Ketiga syarat itu menurutnya harus dibawa dan ditunjukkan kepada pihaknya di kantor PLN Rayon Tenggarong Jl H Akhmad Mukhsin.
Lalu kenapa harus menunggu sepekan baru bisa dipasang? Dijelaskannya lagi, stok meteran masih terbatas. Disamping itu prioritas pemasangannya hanya bagi pelanggan yang baru.
Pembayaran menggunakan sistem digital ini dikatakannya banyak menguntungkan pelanggan. Selain bisa mengatur penggunaan listriknya, juga tidak ada biaya beban bulanan seperti yang diterapkan pada meteran lama. “Bila pelanggan tidak menggunakan listriknya dalam waktu cukup lama, PLN tidak akan semena-mena melakukan pemutusan aliran,” tambahnya.
Mengenai voucher, cukup banyak tersedia baik di kantor Pos, Bank yang telah ditunjuk PLN dan outlet resmi PLN lainnya. Sedang harga voucher pulsa isi ulangnya juga disediakan cukup bervariasi mulai dari harga nominal Rp 25 ribu, Rp 50 ribu, Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu. ”Yang jelas PLN tidak akan memberati pelanggannya disamping mengedukasi pelanggan bersikap hemat dalam penggunaan sember daya listrik yang amat terbatas ini,” ujarnya.(gun/hmp6)

Tidak ada komentar: